Pangandaran Report

16 Jul 2008

Liburan kemarin (tgl 2-5 Juli 08) sempet jalan2 dan nginep di Pangandaran. Jarak tempuh dr Jkt sekitar 6 jam termasuk 1x berhenti u sarapan di resto Cibiuk (desa Limbangan, setelah Nagrek). Pilihan stop over jg bs di resto Gentong, deket Tasikmalaya. Rute Cileunyi-Nagrek-Tasikmalaya-Banjar rata2 beraspal mulus dan lebar, cuma dr Banjar ke Pangandaran yg rada sempit dan sedikit berkelok-kelok.

Sepanjang jalan 5-6 km sebelum Pangandaran sdh banyak Tanda2 jalur Evakuasi kalo2 ada tsunami. Sekitar 200 buah tanda arah jalur evakuasi dipasang o/ pemkab Ciamis.. maklum aja, thn 2006 yg lalu sepanjang pantai Pangandaran rusak berat gara2 gempa dan tsunami. Hampir semua hotel, cottage, losmen, resto, warung sepanjang pantai rusak berat dan hingga kini ada bbrp hoel losmen dll tsb yg masih belum diperbaiki. Jumalh korban yg dimakamkan secara masal sekitar 800 org. Tiba di areal wisata, kita harus bayar retribusi Rp. 27.000,- per mobil (sedan, jip, dan mobil kecil).

Kondisi pantai pangandaran cukup bersih. Pedagang asongan rapi, tdk maksa2 nawarin dagangan dan servis dan kondisi hotel rata2 lumayan bagus.. Harga sewa berkisar Rp 80 rb (losmen) s/d 2 Juta per malam. Suasana jalan raya mirip2 Kuta, bnyk turis lokal meski turis asing cuma bbrp. Bnyk org yg nyewa ATV (Rp. 50 rb/jam) atau sepeda tandem (Rp. 10 rb/jam) u muter2 di pantai atau dijalan raya… disana aman, ga heran anak2 kecil usia 6-10 thn nyetir atv sendiri di jalan raya tanpa ada 1 kasus pun ditabrak o/ mobl atau motor (yg ada, anak2 itu yg nabrak mbl parkir…heheh) .. Mo iseng sewa skutik? ada juga Yamaha mio disewain sekitar 30 rb/jam. Pokoknya cukup fun kok u iseng2 muter2 didaerah pantai (panjang pantainya tu 8km lebih).

Selain main di pantai, kita jg bs sewa perahu u liat taman laut dan ke pantai pasir putih (15 menit dr pantai). Biayanya 75 rb/perahu u 6-8 orang, termasuk tiket masuk ke cagar alam dr pantai pasir putih. Di taman laut kita bs lihat ikan2 karang (kerapu dll) disekitar terumbu karang… keliatan krn air lautnya jernih banget dan dingin. Di Cagar Alam, selain bs lihat goa bikinan jepang jaman perang dulu, masih banyak Rusa, Monyet dan Kerbau liar. Cuma karena savana di cagar alam mulai gersang, ga heran kalo Rusa2 tsb bgt hari sdh gelap akan turun ke daerah pantai u nyari makanan… Di cagar alam itu kita jg bs main flying fox (15 m diatas tanah, sejauh +/- 50 m), biayanya 10 rb sekali ‘terbang’.

Buat yg hobby makan, di pangandaran banyak resto/warung pinggir laut, meski tidak mirip jimbaran bali, msh bnyk yg hrs ditata krn rata2 kotor dan bau amis. Kebetulan saya mencoba makan di resto Sari Laut Rasa Sayang… lokasinya tidak dipinggir laut persis, tp tempatnya luas, dan bersih). Hrgnya ga murah2 amat tp dibanding jkt ya lbh murah. Rasa masakannya enak. Lobster sekitar 80rb/kg (isi 3), Udang besar 50 rb/kg (isi 6), kepiting 70 rb/kg. Harga sdh termasuk masakan (di goreng telor asin, ato di rebus, saos padang, goreng mentega dll). Mo menu lain? sepanjang jalan diantara deretan hotel, warnet, toko baju2/kaos2 (kyk di kuta) dan losmen2 itu banyak jg cafe dan resto yg nyediain seafood, nasi padang, nasi uduk, soto ambengan, bakso, chinese food,sampe wedang ronde (yg buka 24 jam)…

Bosen maen di laut, maen atv, sepedaan ato muter2 naek skutik? ada pilihan lain. KIta bs nyetir ke arah sungai Cijulang, sekitar 30 menit perjalanan mobil dr pangandaran Disitu kita bs naik perahu menyusuri green canyon. Biayanya 70 rb/perahu untuk 6 orang selama 45 menit. Dimusim kemarau ini airnya tenang dan sungainya jernih, beda kalo dimusim hujan rada coklat dan airnya cukup deras. Udaranya enak, segar dan hijau meski cuaca rada panas. Sambil naik perahu motor kita bs lihat stalaktit dan stalakmit sampai ke ujung goa dan disana bs berhenti u foto2 dan berenang … karena wkt itu kami berenang menyusuri deretan stalagmit maka wktnya jd nambah dan cukup bayar tambahan 50 rb ke tk perahu. Puas berenang dan kembali ke pangkalan perahu, d areal parkir kita bs mandi (banyak wc/km umum yg tersedia, cukup bayar Rp.2000 untuk mandi) dan bs makan ikan bakar atau gurame goreng sambil minum es kelapa muda. Karena wkt itu week days, jd ga terlalu rame. Pemilik warung disana bilang kalo sabtu mingu rame sekali hingga kalo mo sewa perahu hrs nunggu giliran sampe 1-2 jam… (perahu disana cuma ada 20an biji u angkut @ 6 orang).

Photobucket

Pulang dari Green Canyon, kita bs mampir di pantai batu hiu dan karang nini. Tempatnya biasa saja, jd saya ga berlama-lama disana. Balik ke hotel di pangandaran sudah jam 3 siang, masih ada waktu u hiking ke cagar alam dr jalur pantai… (oh ya, kalau ga minat naek perahu, kita bs juga ke cagar alam dng berjalan kaki. Tiket masuknya Rp. 5.500 /orang dan ada guidenya, bayar Rp. 50 rb)… cukup melelahkan krn dr pintu masuk sdh dikasi tanjakan berliku2 tp udaranya bener2 seger. Dipuncak cagar alam kita bs lihat p. nusakambangan dan daerah pantai. Pulang dr cagar alam sempet mampir ke pelelangan ikan u beli bbrp ekor kepiting dan dimasak oleh dapur hotel u makan malam.

Secara umum tempat2nya asik, sayang perjalanan dr jkt cukup jauh, dan meski ada airport kecil tp tdk ada penerbangan yg melayani. Coba ada, pasti rame tu tempat dan pariwisatanya jd terbantu. Fasilitas dibilang minim sih enggak, cuma saran saya alo kesana siapin uang cash, krn atm cuma ada BNI.. atm bca, mandiri dll cuma ada di kota Banjar (22 km dr pangandaran)… atau ambil debit bca di toko swalayan kecil yg cukup banyak (indomaret atau alfa). Hotel2 rata2 trima kartu kredit dan debit bca. Tapi u kelas losmen dan non bintang kyknya hrs cash.

Sewaktu perjalanan pulang menuju Jkt, ada bbrp obyek wisata yg bs didatangi. Al. Kampung naga di Garut, sentra batik di ciamis, candi cangkuang dan sampireun atau sabda alam bg yg hobby mancing. Karena saya tdk berminat u nginep, maka perjalanan lanjut langsung ke Bdg.

So, buat yg belum pernah, cobain kesana ya … ( by id Jebule )


TAGS Travelling


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post